-->

Wednesday, 20 May 2020

EROR | ENTER KARYA ANWARI
MENGURAI KODE KATA DI PERTUNJUKAN DIGITAL "EROR | ENTER" KARYA ANWARI


Oleh: Salmaa Satifha Dewi*


Pertunjukan EROR|ENTER merupakan pertunjukan yang disutradarai oleh Anwari. Pertunjukan ini menampilkan sebuah teater kontemporer berupa pantomim. Kesan video pada detik-detik pertama menampilkan kekhawatiran dan ketakutan seseorang dengan permasalahan yang saat ini menyebar luas di seluruh dunia khususnya Indonesia yaitu pandemi covid-19, kesan ketakutan dan kekhawatiran ini juga ditambah lagi dengan musik yang mengiringinya sehingga menjadi lebih menegangkan, editing video pada tiap transisinya pun dapat menyeimbangi dengan pertunjukan tersebut dan terkesan menarik perhatian penonton, pemainnya pun mendalami karakternya sangat dalam sehingga mampu menggambarkan seseorang dengan kejadian yang terjadi saat pandemi covid-19. Pertunjukan EROR|ENTER ini menceritakan tentang kejadian saat pandemi covid-19 merajalela di Indonesia dengan tampilan kata di layar.


Kata yang pertama adalah Error Enter. Maksud dari kata ini adalah kita memasuki masa di mana semuanya menjadi berantakan, mengarah pada ketidakjelasan, tentu akan sangat mengancam. Kata yang kedua adalah Sembunyi-pengap dan Monoton mmm...!! Kedua kata ini saling berkesinambungan. Kata ini adalah suasana yang dirasakan saat ini oleh banyak masyarakat setelah ada himbauan oleh pemerintah untuk stay at home atau tetap di rumah. Kegiatan yang dilakukan hanya itu-itu saja, masyarakat menjadi lebih cepat bosan, sangat berbeda suasananya ketika sebelum pemerintah mengimbau stay at home ini. Secara psikologis hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan mental masyarakat yang semakin depresi karena terlalu lama berdiam diri di rumah dengan kegiatan yang monoton setiap saat. Kata yang ketiga adalah Makan tak ada. Masa pandemi covid-19 ini menjadi ancaman untuk banyak masyarakat khususnya bagi yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan primer yaitu bahan pangan. 

Sebelum masuk kata yang keempat, pada video ini menunjukkan kondisi lingkungan sekitar saat covid-19 merajalela di Indonesia yang tampak sepi dan tidak menunjukkan tanda tanda kehidupan, terasa hampa. Secara psikologis hal ini berdampak pada kehidupan sosial kita yang semakin menurun karena tidak dapat saling berinteraksi secara langsung, mungkin hanya bisa melalui teknologi yang ada tetapi akan terasa berbeda tentunya.  Kata yang keempat adalah Ekonomi macet, terbukti saat ini banyak perusahaan yang mengalami defisit pada penjualannya bahkan mengalami kerugian, para pekerja terus memutar akal untuk mempertahankan pekerjaannya dan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. 

Kata yang kelima adalah Hoax sistem, banyak sekali pemberitaan mengenai covid-19 ini mulai dari penyebaran, cara menangani penderita, cara mencegah, bahkan tentang pendidikan yang tertunda. Tidak dapat dipungkiri hal ini menjadi kesempatan bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk memberitakan berita palsu, atau mungkin penanganan yang salah agar mendapat keuntungan. Kata yang keenam adalah Otak konslet, apa maksud dari kata ini? dengan banyak pemberitaan yang ada, lalu kesulitan yang dihadapi kebanyakan masyarakat bingung harus berbuat apa, mereka terus memutar otak untuk menemukan solusi. Kata yang ketujuh adalah Kecil besar, sejak akhir 2019 sebenarnya pandemi covid-19 ini sudah mulai menyebar, tetapi masih banyak yang menganggap remeh hal tersebut tanpa menindaklanjuti padahal akan berdampak besar untuk kedepannya yaitu saat ini dan mengancam kehidupan kita. 

Kata yang kedelapan adalah Kota tutup, semenjak penyebaran covid-19 yang terus meningkat di berbagai daerah banyak kota ditutup, pelarangan untuk mudik pun digalakan, siapapun yang bukan berasal dari daerah tersebut dilarang untuk memasuki kota dan harus kembali ke daerah asalnya. Kata yang kesembilan adalah Monster toilet, mungkin hal ini adalah yang ditakuti oleh masyarakat semenjak himbauan lockdown yang tidak kunjung usai. Kata kesepuluh adalah 9000+ death, pandemi covid-19 ini tidak ada henti-hentinya merenggut nyawa manusia, sampai saat ini penderita yang terkena dampak covid-19 terus meningkat baik yang positif terkena ataupun yang sudah meninggal. Kata kesebelas adalah Sesak media, pemberitaan mengenai pandemi covid-19 menjadi berita utama yang disiarkan saat ini, hampir seluruh media massa membicarakan tentang covid-19. Bagi beberapa orang akan merasa jenuh dan bosan dengan pemberitaan covid-19. Kata yang keduabelas adalah Drama masker, pada awal pemberitaan mengenai pandemi covid-19 yang berbahaya semua menghimbau untuk mencegah penyebaran contohnya penggunaan masker dan hand sanitizer. Respon dari masyarakat ada yang terlalu berlebihan kemudian bertindak tanpa dipikirkan matang-matang untuk seluruh kehidupan masyarakat. Selanjutnya adalah 62+ pandemi, kamu mau...!!, ini iya ini..!!, mampus install, menurut saya kata-kata ini saling berkesinambungan, keadaan Indonesia saat ini sangat mengkhawatirkan dengan pandemi covid-19 dan pastinya merugikan, oleh karena itu pemerintah banyak mengeluarkan aturan baru misalnya penggunaan masker, tetap berada di rumah dan tidak mudik. Banyak masyarakat yang mendengarkan himbauan tersebut dan menaatinya, tetapi tidak bisa dipungkiri banyak juga yang menghiraukan himbauan tersebut. Hal ini akan memperburuk keadaan bagi diri sendiri maupun orang lain. Di bagian akhir video menunjukkan tatapan mata seseorang yang terlihat kebingungan dengan kondisi saat ini entah harus berbuat apa, rasa khawatir dan ketakutan disertai berbagai pikiran negatif mengenai kondisi pandemi covid-19.

Amanat yang saya petik dari video pertunjukan Eror|ENTER karya Anwari yang menampilkan berbagai kejadian yang terjadi di tengah-tengah pandemi covid-19 yang sedang meracuni dunia kita boleh kita merasa khawatir dan ketakutan, tetapi jangan sampai rasa itu menjadikan kita bertindak tanpa berpikir lebih matang dan tidak  mengutamakan kepulihan di negara kita, banyak di luar sana yang sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari sehari. Tetap ikuti himbauan dari pemerintah dan tidak meremehkan sesuatu meskipun hanya masalah kecil.


_____

*Penulis aktif sebagai pengurus OSIS SMAN 1 Lawang

Menyoal wacana, pertunjukan, dan apresiasi seni pertunjukan kontemporer di sekitar kami

2 Comentarios:

  1. Menarik siswa SMA sudah bisa menulis ulasan pertunjukan. Bravo!

    ReplyDelete
  2. Selamat buat adik penulis. Semoga makin keren ya. Tetap semangat.

    ReplyDelete

Hubungi Kami

telepon :

+62 819 9919 4797

Alamat :

Perum Shingasari No 4B
Malang

Email :

kamateatraartproject@gmail.com